Menyusuri Sungai, Tim BBTN Kerinci Seblat Temukan Ratusan Keping Kayu

Sungai Penuh, 5 Agustus 2018. Tim Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) yang dipimpin Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah II dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Painan bersama beberapa anggota masyarakat Lunang kembali menyusuri Sungai Lunang dan menemukan tumpukan kayu sebanyak 272 keping (29/7). Jenis kayu yang ditebang dan diolah tersebut termasuk kelompok Meranti. Tim juga langsung menemukan tunggul kayu bekas tebangan dan mengambil titik koordinat lokasi tersebut. Setelah titik koordinat diploting ke peta, diketahui bahwa semua tunggul kayu tersebut berada di dalam kawasan TNKS.

Selanjutnya tim melakukan  penghancuran kayu-kayu tersebut dengan cara menyuntikan besi cor 10″, serta membakar 2 buah pondok illoger. Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 27 personil Balai Besar TNKS  dan 10 personil SPORC Gakkum Jambi dan Riau.

Aksi ini sebagai tindak lanjut proses penangkapan seseorang bernama Ardison pada pertengahan bulan Juli 2018 oleh petugas Gakkum Kementerian LHK beserta sebuah truk BA 8893 GU di daerah Lunang, diketahui saat itu truk membawa kayu ke sawmill milik Gani. Oleh petugas Gakkum, truk colt diesel beserta muatan kayu balok sebanyak 10 M 3 langsung diamankan di kantor UPT Kementerian LHK di jalan Khatib Sulaiman 46 Padang. Sementara tersangka Ardison dititipkan di Polda Sumbar.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

author