2 PKS BBTN Kerinci Seblat dengan Masyarakat

Jakarta, 25 April 2018. Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan KKM Bangun Rejo dalam penguatan fungsi TN Kerinci Seblat melalui pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata alam danau Bukit Bontak di Kabupaten Solok Selatan telah ditandatangani di Ruang Rapat Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE Gd. Manggala Wanabhakti. Selain itu, juga ditandatangani PKS antara BB Taman Nasional Kerinci Seblat dengan Kelompok Tani Karya Utama, Desa Karang Anyar Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong. PKS ini merupakan bentuk kemitraan konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat disekitar kawasan berupa pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) getah Pinus dan getah Damar pada zona pemanfaatan TN Kerinci Seblat.

Hadir dalam penandatangan PKS ini adalah Direktur Jenderal KSDAE, Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE, perwakilan Direktorat PIKA dan Ekosistem, wakil Direktorat Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial, Kepala Balai Besar TN Kerinci Seblat, Bagian Hukum dan Kerjasama Teknik Setditjen KSDAE, KKM Bangun Rejo dan Kelompok Tani Karya Utama.

Dengan ditandatanganinya kedua PKS ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan manfaat taman nasional yang bisa dirasakan masyarakat dengan prinsip tetap menjaga kelestarian kawasan, serta dapat mengembangkan semua potensi wisata alam yang berada pada zona pemanfaatan Taman Nasional Kerinci Seblat.

author