Jejak Harimau di Pungut Mudik, Batu Belekuk

Sungaipenuh, 7 Juni 2018. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan seekor Harimau di daerah Pungut Mudik, Batu Belekuk (7/6). Hal ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat, bergegas Tim mitigasi konflik langsung bergerak cepat merespons informasi tersebut menuju lokasi kejadian. Tim terdiri dari Seksi Konservasi Wilayah 1, Balai KSDA Jambi (2 org), FFI (3 org), KPHP kerinci (4 org), MHS-SPTN I dan pihak Balai Besar TNKS sebanyak 3 orang.

Tim kemudian melakukan penembakan meriam untuk menghalau harimau dari lokasi. Lepas penembakan meriam, tim baru mendekat ke lokasi dan hanya menemukan jejak harimau dimaksud karena harimau telah meninggalkan lokasi kejadian. Sampai berita ini diturunkan,  tidak ada korban dan situasi dan kondisi sekitar lokasi kejadian sudah kondusif.

Masyarakat sangat berterima kasih dan mengapresiasi tim yang tanggap dan responsif terhadap laporan mereka. Meski demikian, Tim dari SPTN 1 dan PHSKS tetap melakukan monitoring untuk melakukan patroli disekitar lokasi.

Sumber : Tim Mitigasi Konflik Satwa; SPTN I Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dan PHSKS 

 

author