Pendidikan Konservasi di Rejang Lebong

No comment 291 views

Rejang Lebong, 31 Juli 2018. Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) VI Rejang Lebong Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) kembali hadir dengan kegiatan lapangannya. Kali ini memberikan pendidikan konservasi bagi siswa sekolah SMU Negeri 3 Rejang Lebong. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Juli 2018 di Hutan Madapi dan diikuti oleh 30 orang siswa.

Selain siswa SMU 3 Rejang Lebong tersebut juga dihadiri langsung Kepala Bidang (Kabid) Wilayah 3 Curup dan Kepala SPTN Wilayah 6 Rejang Lebong, serta petugas resort Rejang Lebong yang akan menjadi pemandu dan pengisi materi. Beberapa materi yang disampaikan adalah pengenalan tentang Taman Nasional Kerinci Seblat, seperti sejarah, potensi keanekaragaman hayati, beberapa peraturan pokok terkait taman nasional, pengelolaan kawasan serta perlindungan dan pengamana kawasan hutan TNKS.

Selain materi tentang TNKS, peserta juga diberikan pengetahuan tentang pentingnya kepedulian, kerjasama dan kepemimpinan. Penyampaian materi diberikan di ruang terbuka dengan metoda yang sangat menarik berupa permainan yang memancing antusias peserta, sehingga diharapkan para siswa mampu menyerap bekal ilmu pendidikan konservasi tersebut dengan maksimal. Kegiatan ditutup dengan jelajah hutan Madapi, yang menambah pengalaman baru siswa tentang hutan, lingkungan dan pelestariannya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

author