Aksi Bersih Sampah BBTNKS dalam rangka HPSN 2019

Sungai Penuh, 28 Februari 2019. Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) telah melaksanakan Aksi Bersih Sampah di Danau Gunung Tujuh yang terletak di wilayah Resort Kerinci Utara, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kerinci. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Februari 2019, dan diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari petugas Resor Kerinci, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Guide, Porter dan Kelompok Pecinta Alam (KPA).

Dalam kegiatan tersebut, tim berhasil mengumpulkan sampah plastik dan botol bekas minuman seberat lebih kurang 500 kg. Sampah yang ada di sekitar Danau Gunung Tujuh dikumpulkan, kemudian dimasukkan ke lubang sampah, serta dilakukan pembakaran. Sedangkan sampah yang berada di jalur pendakian dibawa ke bawah dan dilakukan pembakaran.

Petugas BBTNKS memberikan arahan sebelum memulai aksi bersih sampah

Aktivitas peserta dalam aksi bersih sampah

Selanjutnya, pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019, BBTNKS kembali melaksanakan kegiatan aksi bersih sampah di dalam kawasan TNKS. Kali ini staf Resor Musi Rawas, SPTN Wilayah V Lubuk Linggau, bersama 100 lebih orang dari Gabungan Pecinta Alam Lubuk Linggau mengadakan kegiatan Aksi Bersih Sampah Bukit Sulap TNKS. Pada kegiatan aksi bersih sampah ini, tim berhasil mengumpulkan sampah sebanyak kurang lebih 198,8 kg di Bukit Sulap. Semoga dengan kegiatan aksi bersih sampah ini bisa menjaga kebersihan objek wisata di dalam kawasan TNKS serta menumbuhkan kesadaran bagi generasi muda maupun masyarakat untuk selalu aktif menjaga alam, lingkungan dan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. (Hmz)

Foto : Afrisal & Asep Sunarya

author