Balai Besar TNKS Memberikan Bantuan Peningkatan Ekonomi Bagi Masyarakat Sekitar Kawasan

Rejang Lebong, Bengkulu. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS) Sumatera Selatan-Bengkulu menyalurkan bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan yang berada di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Sumatera Selatan-Bengkulu, M. Zainudin usai menyerahkan bantuan program peningkatan usaha ekonomi masyarakat dari BB-TNKS kepada Kelompok Tani Gembala Jaya Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Senin, mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk usaha peternakan kambing dengan besaran bantuan senilai Rp 50 juta.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-09-21-at-13.45.51-1-edited.jpeg

“Bantuan ini berasal Kementerian LHK melalui Dirjen KSDAE dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan TNKS yang diberikan kepada Kelompok Tani Gembala Jaya Desa Karang Jaya. Bantuan ini murni usulan dari anggota kelompok untuk peternakan kambing, bantuannya langsung diberikan ke rekening kelompok senilai Rp 50 juta,” jelas beliau. Beliau juga menjelaskan bantuan pemberdayaan ekonomi serupa pada tahun sebelumnya sudah diberikan kepada masyarakat Rejang Lebong tepatnya di dua desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya yakni Desa Bandung Marga berupa bantuan usaha peternakan sapi dan Desa Babakan Baru usaha peternakan kambing.

Bantuan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan TNKS tersebut, pada tahun 2021 semula ada delapan paket bantuan dengan total anggaran mencapai Rp 400 juta tetapi karena adanya pendemi COVID-19 kemudian terjadi pergeseran anggaran sehingga tinggal empat paket dengan jumlah bantuan Rp 200 juta. Dari delapan paket itu berkurang menjadi empat paket, dua di Provinsi Bengkulu yakni di Kabupaten Rejang Lebong dan satu paket di Kabupaten Lebong serta dua paket lainnya di Provinsi Sumatera Selatan. Masing-masing paket bantuan senilai Rp50 juta,” terangnya.

Beliau berharap dengan adanya bantuan ini nantinya bisa meningkat perekonomian masyarakat di sekitar kawasan TNKS sehingga akan mengurangi mobilitas mereka masuk ke dalam kawasan TNKS. Sementara itu Kepala Desa Karang Jaya Muhammad Syaifudin menyatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak BB-TNKS yang telah memberikan bantuan usaha pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat di desanya, kemudian bantuan pemanfaatan hutan bukan kayu berupa pemanfaatan air dari TNKS serta bantuan perizinan konservasi kaum ibu-ibu di kawasan TNKS.

author