HARIMAU SUMATRA (Panthera tigris sumatrae)

No comment 741 views

Panthera tigris sumatrae atau yang biasa kita sebut harimau sumatra adalah salah satu dari nilai penting yang berada di Taman Nasional Kerinci Seblat yang termasuk dalam satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis lembaga konservasi dunia IUCN (International Union for Conservation of Nature). Harimau adalah pemangsa dominan, mereka umumnya aktif pada malam hari, menjelang senja dan dini hari, namun mereka juga bias aktif sepanjang hari. Harimau memangsa buruannya dengan cara mengintai dan menyergap mangsanya, harimau adalah perenang yang sangat handal dan jika cuaca sangat panas mereka akan menghabiskan waktunya berendam di dalam air.

Secara umum harimau sumatra memiliki warna kulit lebih gelap dan pola belang lebih rapat, dan juga memiliki rambut paling pendek dibandingkan harimau lainnya. Pola belang dan warna kulit harimau berbeda-beda setiap individu dan menjadi salah satu ciri khas untuk pengenalan individu harimau sumatra.

Harimau menghadapi ancaman terbesar dari hilangnya habitat alami mereka akibat perambahan liar, pembakaran liar dan lain sebagainya. Mereka juga diburu untuk diperjual belikan bagian-bagian tubuhnya seperti kulitnya. Harimau termasuk ke dalam daftar satwa dilindungi Appendix 1 CITES. Di seluruh daerah sebarannya, harimau dilindungi oleh undang-undang meskipun perburuan perburuan terhadap satwa tersebut tetap berlangsung. Saat ini populasi harimau sumatra yang ada di habitat alaminya diperkirakan sekitar 400 ekor.

-Hasnatul Fajri-

Download 8fit for Android 】android.download.pro buy tamoxifen online uk thermal exercise pants | faqaseo site
author